Tips Memilih Kos Yang Ideal

Ada kalanya kita diwajibkan untuk mencari tempat kos di luar kota baik untuk sekolah, kuliah, KKN, training, maupun untuk kebutuhan kerja. Terkadang waktu yang tersedia untuk mencari kos juga mepet, padahal ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan nge-kos di sebuah tempat. Intip yuk apa aja tipsnya.


1. Survey online.
Ada banyak pertimbangan kenapa harus melalui survey online, tentu saja anda akan benar-benar menghemat waktu dan biaya yang akan dikeluarkan daripada jika anda survey ke kota/lokasi yang baru saja anda datangi. Anda bahkan bisa mengarahkan apa yang ingin anda cari di mesin pencari, semisal pertimbangan budget, lokasi, fasilitas dan lain sebagainya.



2. Call Friend
Jika anda mempunyai relasi, saudara bahkan jejaring teman di dunia maya yang terpercaya dan tinggal di area tujuan anda, manfaatkan hubungan baik tersebut. Bersilaturahmilah dengan fasilitas medsos atau chat untuk meminta rekomendasi teman anda tersebut baik secara spontan, atau anda bisa memberikan alternatif kos yang sudah anda survey secara online. Jangan lupa bawakan buah tangan kepada teman anda ketika akan bertemu :)



3. Survey lokasi
Alokasikan waktu luang anda untuk menyurvey kos jauh hari sebelum ditempati, ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan, yaitu fasilitas dan lingkungan. Fasilitas biasanya akan diterangkan oleh pemilik kos berikut kewajiban anda. fasilitas standar kos antara lain ketersediaan air bersih, listrik yang stabil, bed dan meja. Selain itu ketersediaan parkir, keamanan, fasilitas kamar mandi, mushola.
Pertimbangkan juga kemudahan akses anda untuk mencari kebutuhan sehari-hari berupa toko dan tempat makan, alhamdulillah di Sedhahayu sudah tersedia toko dan warung makan.

4. Lingkungan dan etika sosial
Ada ungkapan lain ladang lain belalang, artinya kurang lebih dimana kita akan ngekos, biasanya ada aturan/norma sosial yang tertulis dan tidak tertulis yang berbeda di setiap wilayah. Dalam lingkup kecil, cobalah setelah survey, anda dapat menyempatkan sekedar mengobrol kepada calon tetangga kos anda. Dengan berinteraksi, setidaknya anda akan mendapat gambaran dan meyakinkan anda untuk memutuskan ngekos/tidak.

Ok, demikian tips singkat untuk mencari dan memilih kos yang anda inginkan. jangan lupa kalau ke magelang, silahkan silaturahmi di tempat kami. hubungi kami via wa di http://bit.ly/sedhahayu
ikuti juga ig kami; @sedhahayu. atau tinggalkan email anda dikolom komentar untuk info lebih lanjut.Semoga bermanfaat.


Komentar