Tips Menghindari Nota 1 juta!

Beberapa waktu lalu, sebuah berita menghebohkan tengah beredar di dunia maya, sebuah nota dengan harga makanan yang cukup fantastis dari sebuah rumah makan di Anyer, diunggah di facebook dengan nilai pembayaran Rp1.000.000,00. woww!

 

Dan dalam beberapa jam sudah jadi berita nasional. Smoga lekas ditindak tu yang bikin dunia pariwisata Indonesia makin terpuruk.Gak cuma di Anyer, juga Malioboro (dulu pernah kejadian ini kayaknya), Terminal-terminal, Rumah Makan untuk pemberhentian bis malam, dan tempat-tempat wisata lain.

Nah, bagi para backpackers, jangan sampai kejadian tak nyaman ini bikin bubar destinasi impian kita dengan minim budget malahan jadi bengkak.Beberapa saran yang bisa backpackers pakai untuk antisipasi, antara lain:

Sebelum mengunjungi destinasi, sebaiknya anda:

1. Cek info secara online isu-isu dari dunia maya destinasi yang anda akan dikunjungi. Karena informasi adalah salah satu 'senjata' backpackers jadi anda harus tetap menimpan catatan kecil untuk 'peta' destinasinya. Peta yang saya maksud juga termasuk kultur, transportasi, food court/kuliner, dll.

2. Mendekati objek wisata biasanya sudah ada tempat makan baik kecil atau besar, anda mungkin mempertimbangkannya untuk mengisi perut sebelum menuju objek wisata dengan tetap mempertimbangakn hal-hal dibawah ini:

  • Tanyakan dulu harga menu langsung ke penjual dengan sopan. Atau jika memungkinkan, lihat apakah ada papan daftar harga di rumah makan tersebut, atau menu di meja makan, dll. Prinsipnya, kepo untuk harga  makanan di objek wisata itu penting.

  • Jika ada rekomendasi dari teman-teman yang pernah terecord di medsos itu sangat berguna sekali. Jangan hanya berhenti dipostingannya, baca juga komen2 dari posting tersebut sebagai pertimbangan.

Nah, Backpackers, itu dulu tips dari kami. Semoga setiap traveling anda selalu menyenangkan!

Salam Ransel!


Komentar